[Rekomendasi] 30+ Anime Shoujo Terbaik


Shoujo adalah salah satu genre yang paling dikenal di dunia anime/manga ... tapi seberapa banyak Anda benar-benar tahu tentang shoujo? Apakah shoujo hanya tentang kisah asmara anak SMA yang ditujukan pada gadis-gadis muda atau mungkin lebih dari itu? Mari kita cari tahu lebih banyak dan rekomendasi anime shoujo terbaik menurut saya.


What is Shoujo?

     Shoujo secara harfiah berarti "gadis" atau "wanita muda" dalam bahasa Jepang. Oleh karena itu mudah ditebak bahwa ini ditujukan untuk pembaca yang kebanyakan terdiri dari remaja putri atau wanita muda.
Shoujo adalah genre Manga/anime yang khusus di tunjukan untuk para pembaca perempuan dimana lebih banyak adegan percintaan yg sangat romantis dan persahabatan di dalamnya, dimana para perempuan bisa lebih menikmatinya. (Bahasa sederhananya seperti itu).


Banyak yang percaya bahwa shoujo hanya tentang kisah asmara SMA, dan hanya gadis yg menyukainya. Namun, itu tidak benar, dan terlebih lagi, kenyataanya bukan hanya perempuan yang bisa menikmati shoujo, laki2 pun bisa menikmati genre ini, terlebih sekarang ini banyak juga laki2 yg menyukai genre shoujo ini.
Ciri khas lainnya dalam manga/anime shoujo terletak pada gambar yang umumnya terlihat sangat halus dan bakground yg sangat khas seperti gelembung2 halus atau bunga2 yg terlihat cantik, dan mata yang besar berkilauan.

shoujo itu mengarah ke prilaku antar karakter terhadap suatu perasaan/emosi dan perkembangan hubungan tiap karakter di dalamnya, hubungan disini tidak selalu mengarah ke berbagai topik yang tidak terlalu romantis. Misalnya Natsume Yuujinchou yang tidak memiliki banyak kisah cinta di dalamnya.


langsung saja berikut saya akan memberikan rekomendasi anime shoujo terbaik yg saya rekomendasikan untuk anda tonton:


1. Kimi No Todoke (Reaching You)



Bercerita tentang 2 orang yang bertolak belakang antara kazehaya shouta dan kuronuma sawako, sawako sering di panggil "sadako" karena yaa penampilannya yg membuat orang lain ketakutan dan menjauhinya oleh sebab itu bahkan  sejak sdpun sawako tidak mempunyai teman sama sekali, huhuhu kasian banget, sebenarnya tanpa di sengaja cewe ini penampilannya udah mirip kaya "sadako" dan setiap dia mau menyapa kawan2nya dengan ucapan "ohayou..." plus senyum, tapi karena dianya grogi senyumnya jadi terlihat menyeramkan, haha persis kaya "sadako"..

Senyumnya  nyeremin haha :D
Siapapun pasti meleleh liat senyum tulusnya sawako-chan... 😃
  
   Sebenarnya sawako itu termasuk perempuan yang baik banget, dia pengen banget punya temen tapi yah dianya terima aja kalo kawan2nya pada ngejauhi dan dia gapunya temen, 

tapi kazehaya shouta, cowo ikemen yang riang, banyak temen dan populer di kalangan cewe maupun cowo, dan dia adalah satu2nya orang yg tidak menjauhi sawako, malah kazehaya adalah orang pertama yg memanggil sawako itu sawako bukan sadako, karena kazehaya ini sawako jadi punya keberanian buat berbaur dengan temen2 kelasnya dan yg terpenting selama perjalanannya setelah mengenal kazehaya, sawako pelan2 mulai belajar dari kazehaya, mulai berani mengungkapkan apa yg ingin dia bilang sama kawannya dan mulai punya kawan dan perlahan mulai mengenal apa itu cinta.. yup.. CINTA...


    cerita ini tidak hanya menekankan perkembangan hubungan antara sawako dan kazehaya, tetapi disini juga kita di Perlihatkan sebuah cerita dari sudut pandang karakter lain seperti bagaimana masalalu dari chizu ataupun ryo serta perkembangan hubungan mereka juga bagaimana ayano sosok menakutkan yg di sebut ibu tiri oleh chizu😁.

selain tentang asmara cerita dari kimi ni todoke juga memang banyak menonjolkan tentang persahabatan sama proses tahapan dalam hubungan pertemanan/percintaan..
untuk komedi anime ini juga memiliki beberapa unsur komedi yg bikin saya geli, terutama karena sawako yg amat Polos dan ryu teman sekelas sawako yang kelewat datar haha😁

Chizu dan Aya
anime ini bawaannya ringan banget, ig production selaku pihak studio yg mengerjakan anime ini benar2 sukses memukau penontonnya lewat grafik yg halus ala shoujo..
konflik yg di angkat sama cerita ini benar2 mantap, karakteristik setiap karakter yg kuat saya merasakan sebuah simpati pada tiap karakternya dan saya baru 4 episode awal saja sudah di buat mau nangis... T_T
konflik tentang persahabatan dan udah itu ga lama di buat heartwarming ga karuan...


tidak salah jika kimi ni todoke menjadi anime/manga shoujo terbaik dan menjadi top rank di beberapa forum2 anime..
anime ini cocok bagi semua kalangan, baik anda cewe ataupun cowo, anime ini wajib anda tonton dan bahkan saya  berani memberi rating 10/10 (sempurna) Secara keseluruhan,
Kimi ni Todake sempat menarik perhatian saya di beberapaepisode pertama dan saya sangat sedihketikamelihatnya berakhir.
 


2. Tonari No Kaibutsu-Kun


  Mengambil tema romance antara 2 orang remaja, yakni Mizutani Shizuku dan Yoshida Haru, yang menurut saya pribadi cukup unik, karena kedua tokoh utamanya memiliki kepribadian yang sangat bertolak belakang dan unik, tapi saling jatuh cinta dalam waktu singkat, hal tersebut membuat perjalanan cinta mereka tidak "senormal" pasangan pada umumnya.

   Dari segi cerita, dengan tema romance yang unik seperti itu, sebenarnya membuat saya cukup "berharap banyak" dari anime ini ketika menyaksikan episode" awal, karena dari awal pace ceritanya sangat cepat dan justru menurut saya episode awalnya lah yang layak dijadikan klimaks dari cerita, 

tapi kemudian episode" berikutnya rasanya malah mengalami pace/alur yang "naik-turun" antara klimaks dan anti-klimaks.

   hubungan Haru dan Shizuku yang tidak seperti di anime" romance lainnya, di mana justru Tonari no Kaibutsu-kun ini justru lebih menonjol unsur komedinya, dan unsur romancenya ditampilkan dengan cara yang unik dan tidak berlebihan, dan hebatnya lagi unsur komedinya bersumber dari kelakuan para karakternya, bukannya mengandalkan komedi" ecchi, ditambah lagi selipan unsur persahabatan antar para karakter yang menjadikan anime ini menjadi anime romance yang cukup colorful..

   saya pribadi memberikan nilai 7.77 untuk anime ini karena cerita romancenya yang cukup ringan serta unik juga beberapa selipan komedi yang membuat saya tidak bosan menontonnya..



3. Akatsuki no Yona


matanya lebih seperti tipe '' jangan main-main denganku ''
Bercerita tentang kisah petualangan seorang Putri kerajaan yang cantik dengan rambutnya yang berwarna merah. Kisah ini bermula disebuah kastil kerajaan ketika Yona-Hime sedang berulang tahun ke-16. Yona-Hime sangat menantikan kedatangan Soo-Won, sepupunya sendiri sekaligus orang yang Yona-Hime cintai.
Sejak kecil, Soo-Won dan Hak adalah teman yang sangat berharga, namun apa yang Yona temukan dimalam itu sungguh menghancurkan perasaannya. Yona melihat Soo-Won membunuh ayah Yona sang Raja. Menganggap Yona sebagai pengganggu, Soo-Won berencana untuk membunuh Yona namun digagalkan oleh Hak, jendral terkuat di kerajaan.
Hak berhasil membawa kabur sang Putri dan menjauh dari kerajaan. Di tengah keadaan Yona yang sedang putus asa, Hak terus disampingnya dan menjalankan tugasnya sebagai pengawal pribadi Yona atas permintaan sang Raja. Tak lama kemudian, Yona mengikuti arahan dari Ik-Su, mantan pendeta kerajaan dan berpetualangan mencari empat Naga untuk mengembalikan kerajaannya.
Bagaimana? Menarik bukan? 

Secara keseluruhan, anime ini memiliki daya tarik tersendiri dan cukup memiliki score yang baik di beberapa chart anime di situs besar dunia. Perpaduannya benar-benar keren, jarang sekali ada anime dimana Action, adventure, Drama, Romance dan Shoujo di padukan dalam satu anime terbaik satu ini. Rekomendasi banget! 



Beberapa adegan pertarungan yg sangat epik dan di dukung dengan animasi yang benar2 sangatt luuar biasa, ekspresi wajah yona hime benar-benar terinci dengan baik (maksud saya lihat orang dengan mata cantik yang cantik itu), namun juga juga ciri khas dari grafik shoujonya tetap ada.






saya bahkan memberiscore 9.80/10 untuk anime ini karena petualangan yona untuk mencari ke-4 naga memiliki plot-twist yang benar2 bagus dan tak terduga di tambah adanya unsur romance khas shoujo yang membuat anime ini sangat layak untuk anda saksikan


Tatapan mata yg dapat membunuhmu

4. Ao Haru Ride

Dari sini, kisah kehidupan seorang siswi yang penuh kelok akan dimulai.Secara garis besar, Ao Haru Ride menceritakan tentang pertemanan dan juga percintaan yang terjadi antar karakter didalamnya. Tidak ada hal istimewa yang membuat Ao Haru Ride berbeda dengan Anime Shoujo ataupun Anime Romance pada umumnya.

Lantas, apa yang membuat Ao Haru Ride bisa masuk ke Daftar Anime Romance Terbaik yang Wajib Ditonton?
  • Hal pertama yang membuat anime ini menarik untuk ditonton adalah karena anime ini menyuguhkan cerita yang dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Bukan hal yang aneh jika mungkin kita pernah mengalami hal-hal yang terjadi dalam anime ini. Seperti bertemu orang yang kita kenal namun orang itu telah berubah, menyukai orang yang sama dengan orang yang disukai sahabat kita sendiri, persahabatan yang berharga, atau bahkan menjadi orang lain untuk mendapatkan teman. Dan mungkin saat menonton anime ini kalian akan menemukan moment dimana kalian akan mengatakan, “Ini sih gw banget.”
  • Saat saya mencoba menonton anime ini, saya langsung dibuat jatuh cinta dengan scene pertama anime ini yang menampilkan artwork di scene flashback yang sangat cantik. Anime ini memiliki ciri khas di artwork-nya pada saat adegan flashback, dimana saat adegan flashback artwork anime ini akan terlihat seperti sebuah lukisan yang lembut, teduh dan cantik.

tidak di pungkiri lagi ao haru ride menjadi anime shoujo yang cukup populer di forum MAL,
Untuk rating anime ini memiliki score rating 7,97 di Myanimelist.net dan berada di posisi 561 di top chart anime myanimelist.
Anime ini saya beri skor 7,99 karena alur ceritanya yang mudah dimengerti.


5. Kaichou Wa Maid-Sama


  Kaichou wa Maid-sama adalah salah satu anime shoujo paling terkenal di luar sana. Seorang pria tampan dan sombong mulai jatuh cinta pada ketua osis, kaichou wa Maid-sama! menceritakan tentang Misaki Ayuzawa, ketua OSIS SMA Seika yang memiliki part time job sebagai maid di cafe Maid Latte. Kehidupan Misaki terbilang sulit karena ayahnya meninggalkan keluarganya dengan hutang yang cukup banyak sehingga membuat Misaki terpaksa harus melakukan part time job agar dapat membantu keuangan keluarganya.
Misaki harus merahasiakan pekerjaan sampingannya tersebut dari  murid SMA Seika karena tidak ingin jabatannya sebagai Ketua OSIS menjadi tercemar,hingga suatu hari Takumi Usui tidak sengaja melihat Misaki yang sedang membuang sampah di belakang Maid Latte lengkap dengan seragamnya sebagai maid, disinilah awal kisah romance Misaki dan Usui dimulai.

saya memberi rating 8/10 untuk anime ini karena ceritanya yg unik serta ringan 



6. Lovely Complex


Lovely Complex mengisahkan tentang sepasang anak laki-laki dan perempuan. tokoh utama perempuan, Koizumi Risa, memiliki tinggi badan jauh diatas tinggi badan rata-rata gadis seusianya. dan tokoh utama laki-laki, Atsushi Otani, jauh lebih pendek dibandingkan anak laki-laki seusianya. 

karena perbedaan tinggi badan mereka berdua yang begitu jauh, dan kebiasaan mereka yang selalu bertengkar dan saling ejek (terutama soal tinggi badan masing-masing), mereka dijuluki dan terkenal di sekolah sebagai duo lawak hanshin-kyoujin (sepertinya ini nama grup lawak dijepang?). 

entah karena takdir atau karma, mereka terus-menerus bersama, entah saat di dalam kelas (selama tiga tahun mereka selalu sekelas, dan mereka berdua selalu terpilih menjadi pengurus kelas, hahaha), ataupun di luar lingkungan sekolah (mereka sering bersama bahkan disaat liburan sekalipun. karena sahabat Koizumi, Nobu, dan sahabat Otani, Nakao, adalah sepasang kekasih. jadi kalau mereka berdua pergi ke suatu tempat, yaa, Koizumi dan Otani diajak juga). karena sering bersama, persahabatan mereka berdua semakin berkembang. dan....perlahan-lahan, Koizumi Risa malah jatuh cinta pada Otani! nah, loooohhh....ribet dah....



      saya memberi skor 9.50 untuk anime ini karena selain konsepnya yang unik dan lucu jalan ceritanya juga benar2 tidak terduga, saya pribadi cukup terkesan akan perjuangan risa untuk menapatkan hati si otani yg bener2 susah peka.. banyak juga adegan2 manis tak terduga di anime ini, saya sangat2 menyarankan anime ini untuk anda yang menyukai anime comedy-romantis yang benar2 unik
 

7. Hiyokoi




     Hiyokoi adalah anime OVA yang berbasis dari manga dengan nama yang sama. Ini tentang seorang gadis bernama Hiyori Nishiyama yang kembali ke sekolah setelah sekitar satu tahun dia berhenti sekolah, Dia sangat pemalu dan sangat gugup. hiyori SANGAT pendek. 
Dia kemudian bertemu dengan Yuushin Hirose, pria yang lebih tinggi dari rata-rata pria lainnya dan dia tipe yang berteman dengan semua orang. Dia mencoba untuk berteman dengan hiyori dan akhirnya membuat hiyori sedikit mengatasi rasa malunya.

Saya menyukai anime Hiyokoi karena cukup menyenangkan untuk ditonton. gemesin banget deh pas liat Hiyori merasa malu, haha :D. Aku suka itu Yuushin tidak terlalu dingin, dan Hiyori memiliki setidaknya seorang teman. 



Yang tidak saya sukai adalah kenyataan bahwa anime ini sangat singkat. 
Saya ingin melihat lebih banyak episode lagi, 
saya pikir anime dalam bentuk OVA yang hanya 30 menit. Bukan apa yang ada dalam pikiran saya untuk sebuah film yang memiliki cerita yang memuaskan. tapi, 
saya melihat anime ini menyajikan sesuatu yg sangat bagus walau hanya 30 menit, 
jadi saya ingin melihat lebih banyak lagi.

Secara keseluruhan, Hiyokoi sangat menyenangkan dan sangat menenangkan hati, dan sangat lucu, tidak ada konflik besar yg membuat kita merasa emosional. 
dan jika Anda tidak benar-benar puas dengan anime OVA ini, Anda bisa melanjutkan dengan manganya! Karena OVA ini mencakup bab satu dari manga, 
Anda dapat memulai dengan Bab 2 secara otomatis.



Anime ini memiliki cerita dan karakter yg hampir sama dengan “kimi ni todoke” dan “lovely complex” jadi jika sebelumnya anda menyukai 2 anime itu maka anda juga pasti akan suka dengan hiyokoi,

Saya memberikan rating 7.45 karena anime ini sangat ringan dan tidak memiliki konflik yg berat jadi cocok jika anda ingin bersantai dan melepaskan .

8. Sukitte li na yo (Say "I Love You")


Bercerita tentang tachibana mei, dia memiliki insiden di masa kecilnya yg membuat dirinya memutuskan untuk tidak membutuhkan teman karena dia percaya bahwa teman2nya akan berkhianat untuk kepentingannya sendiri, karena itulah selama 16 tahun mei merupakan orang yg tertutup dan tidak memiliki teman/pacar sama sekali,
lalu datanglah kurosawa yamato cowo gaul yg paling populer di sekolahnya, lewat pertemuan unik mei sadar kalau masih ada orang yg dia percaya, dan mei mulai membuka diri kembali dan karena sudah terlalu lama tertutup, mei selalu khawatir dan curiga yamato akan meninggalkannya di kemudian hari...


yup jika di lihat sipnosisnya anime ini klise banget.
sudah banyak anime yg menceritakan cewe tertutup dan cowo populer tapii, walau begitu anime ini punya perbedaan dan kelebihan tersendiri di banding anime klise lainnya,
jika kita tahu bahwa kebanyakan anime romance menceritakan "bagaimana menjalin suatu hubungan" tapi anime ini menjelaskan tentang "bagaimana mempertahankan suatu hubungan"..
      anime ini sangat jelas dalam menggambarkan makna sesungguhnya dari teman dan sebuah kepercayaan.
konflik yg di alami oleh mei seperti pembullyan, penghianatan, dan di manfaatkan dan banyak alasan yg membuat orang2 menutup dirinya, pesan2 seperti itulah yg berhasil di sampaikan oleh anime ini..


kelebihan lain dari anime ini adalah perkembangan karakter dari mei yg menempuh jalan panjang dan berat, mencoba mencitai dan percaya terhadap yamato, yaa karena cinta itu adalah tentang kepercayaan, dan mei sudah lama tidak percaya orang lain maka itu merupakan sesuatu yg berat bagi mei,



anime ini juga tidak luput dari yg namanya kekurangan di antaranya walaupun banyak konflik yg terjadi tapi tidak ada satupun plot twist tak terduga yg membuat kita merasa terkagum2,
tidak ada konflik yg membuat kita greget dan malah terasa sedikit monoton,
dan lagi saya juga tidak terlalu suka dengan male lead characternya yg saya liat terlalu gampang mencium si mei, yg membuat saya kesal adalah seolah ketika mei sedang ngambek yamato tinggal menciumnya saja dan semua akan kembali normal,
dan saya liat anime ini adalah anime yg memiliki adegan romantis dan ciuman terbanyak,


yaa terlepas dari kekurangannya 
anime sesungguhnya sangat bagus dan memiliki kelebihan2 yg saya sebutkan di atas membuat saya tetap bisa menikmati anime ini, overal saya memberi score 7.30 untuk anime ini, saya rekomendasikan anime ini bagi yg suka cerita klise dan banyak adegan romantisnya.



9. Akagami no Shirayuki Hime (Snow White with the Red Hair)



Hanya karena dia memiliki rambut unik yang berwarna merah laksana apel segar, Pangeran Raji kemudian seenaknya menginginkan Shirayuki sebagai selirnya. Shirayuki yang bercita-cita menjadi seorang apoteker tentu saja menolak, maka pada malam itu juga, secara diam-diam dia pun pergi meninggalkan Kerajaan Tanbaln. Ketika sedang bersembunyi di dalam hutan di dekat perbatasan, tanpa sengaja Shirayuki bertemu dengan Pangeran Zen dari Kerajaan Clarines, dan setelah mendengar cerita shirayuki lalu zen memberinya sebuah tempat di Clarines sehingga dia akhirnya dapat memilih jalan hidupnya sendiri dan mengejar impiannya dengan bebas..


saat pertama saya melihat anime ini mata saya langsung jatuh hati akan 
cewek cantik ehh latarnya yg keren!
memang seting anime ini adalah kehidupan di eropa pada abad pertengahan, 
memberikan kesan kerajaan dan kota2 tradisional yg damai,



grafik yg mendukung serta latar seperti kastil,istana megah, hutan yg rimbun, pemukiman damai, hangatnya mentari yg menyinari pelabuhan, gunung2 yg menjulang tinggi, dan orang berkuda kemana2, membuat mata saya betah menonton anime ini, unsur classic di anime ini benar2 di garap dengan sangat bagus,



menurutku ini adalah anime paling romantis yg pernah saya lihat, banyak adegan2 romantis yg di sengaja maupun tidak di sengaja antara zen dan shirayuki membuat anime ini sangat manis,
memang terkadang konfliknya tidak terlalu greget dan penyelesaiannya terkesan "cari aman" tapi kalau sudah masuk konflik utamanya saya jamin anda pasti akan suka.





untuk kamu yang ingin anime yg sangat romantis bertema kerajaan saya sarankan untuk menonton anime ini, saya pribadi bahkan berani memberikan nilai 8/10 untuk anime ini karena mengajarkan usaha dan kerja keras atas apa yg di cita2-kan,

10. Ookami Shoujo to Kuro Ouji (Wolf Girl & Black Prince)


anime ini di bercerita tentang gadis yg bernama erika dia ini demi mendapat teman sekelas dan bergaul dengan teman2 yg mempunyai pacar, dia berbohong dengan menunjukan foto seorang laki2 dan mengaku sebagai pacarnya, tapi tanpa di sadari teman2nya itu mengenal foto cowo yg di kasih erika, namanya adalah kyouya, dia berada di sekolah yg sama tapi beda kelas,dia di sebut pangeran di sekolahnya dan erikapun meminta kyouya untuk berpura-pura jadi pacarnya dan anehnya kyouya menerima permintaan tersebut tapi ada saratnya yaitu kyouya meminta erika agar menjadi anjing peliharaanya (haha miris)
Erika yg di jadiin babu haha

sesuai dengan judulnya gadis serigala dan pangeran kegelapan, kyouya ini seperti "kuro ouji" karena sifatnya yg sadis khusus untuk erika, memperlakukannya seperti anjing penurut tapi walaupun di bully terus sama si pangeran sadis erika tetep sabar agar kebohongannya tidak di ketahui teman2nya.



menurut saya anime ini unik dan berbeda dari kebanyakan anime shoujo biasanya, walaupun begitu ceritanya benar2 menarik, sepenuhnya menceritakan kisah S&M romantis antara pasangan erika & kyouya yg terkadang akan membuat kalian baper sendiri dan juga anime ini banyak komedinya jadi anda tak bakal bosan menonton anime ini,


anime ini terbilang simpel dan ringan tetapi saya sangat terkesan saat menontonnya karena karakter utama yg berbeda dari anime2 lain dimana sifatnya yg "sadis" juga konflik2 yg sagat menarik, bagi anda yg ingin anime romance school dengan cerita unik nan baper dan penuh dengan perjuangan cinta saya rekomendasikan yg satu ini.

11. ore monogatari


   bercerita tentang dua orang sahabat bernama takeo gouda yg memiliki badan yg sangat besar, tinggi dan kekar, serta sunakawa makoto yg merupakan cowo ganteng dan populer di kalangan gadis2,
suatu hari takeo menyelamatkan seorang perempuan yg hampir di lecehkan di kereta, perempuan itu bernama yamato rinko, seorang cewe yg menjadi berkah buat kehidupan takeo gouda..


kesan pertama yg saya rasakan ketika menonton anime ini adalah unik dan aneh, karena karakter utama di anime ini badannya besar dan kekar, berbeda dari anime2 shoujo pada umumnya.
kesan romance yg di tampilkan anime ini benar2 berbeda dan unik,
baru episode2 awal gouda dan rinko sudah menjadi sepasang kekasih dan setelahnya fokus utama cerita anime ini adalah bagaimana keunikan mereka menjalani kisah cinta.
saya juga sangat senang dengan karakter2 yg ada di anime ini.
takeo, walaupun badannya mirip gorila tapi kebesaran hatinya itu berbanding lurus dengan badannya, dia juga sosok yg luar biasa gentelman dan sangatt rendah hati,
saya juga berhasil di bikin ngakak total oleh kelakuan konyol2 bahlulnya XD

lalu sang pujaan hati gouda, yamato rinko merupakan karakter paling manis & cute yg pernah ada, dia sangat jago bikin kue2 manis, dia menganggap takeo itu cowo yg keren, dia adalah karakter yg membawa pada jalan cerita dan momen2 yg unyu..




   dan yg terakhir tentu saja sang best friend sunakawa makoto, sepanjang cerita saya di buat terkagum2 oleh karakter pendukung ini,
dia sangat hebat dalam membaca situasi dan dia selalu menolong gouda dalam hal apapun tanpa menonjolkan diri, saya pikir entah apa jadinya gouda kalau tidak ada sosok suna di sampingnya,

    alasan kenapa dia sering menolak cewe adalah karena cewe2 yg pernah menembaknya itu rata2 sering membicarakan kekurangan fisik gouda di belakangnya, dan kalau ga salah suna itu pernah bilang gini "aku tidak bisa berpacaran dengan orang yg menghina fisik sahabatku sendiri" wow bener2 true friends lah.


disini saya seperti melihat tema beauty and the beast, anime ini tidak menampilkan konflik2 yg berat atupun drama2 romantika murahan tapi anime ini lebih menitik beratkan pada kepolosan antara gouda dan rinko dalam menjalin hubungan, dari yg asalnya pegangan tangan sampai mempertahankan pasangan, benar2 sangatt manis membuat penonton nyengir2 sendiri. cocok untuk anda yg mencari anime romance yg ringan dan unik.


saya memberi score 7.90 untuk anime ini karena ini sangat manis sekali, menonton anime ini anda seperti sedang makan permen, coklat, kue brownies, dan gulali dalam waktu yg bersamaan.
karakter2 yg unik dan manis serta di dukung seiyuu2 yg mantap jiwa.
bagi anda yg mencari anime romance shoujo yg berbeda dari umumnya, serta memiliki konflik yg ringan saya sangat rekomendasikan anime ini untuk anda.

12. Nijiiro Days (Rainbow Days)


anime ini berkisah tentang keseharian 4 Cowo sma yg memiliki keprinadian dan masalah cinta yg berbeda satu sama lainnya..
yg membuat anime ini sangat unik dan menarik adalah, keempat karakter utama cowonya memiliki masalah cintanya masing2 seperti ada seorang otaku pendiam yg memiliki pacar seorang cosplayer yg expresife, ada yang terang2ngan saling menyukai tapi belum resmi jadian, ada seorang playboy yg benar2 jatuh cinta pada seorang koleksi playboynya setelah ia bertengkar dengannya, ada cowo yg sifatnya sadis, ada juga yg memiliki sifat masokis, ada juga yg seperti anjing dan kucing, ada yg ngasih kode tapi kodenya ga nyampe2, haha.. keunikan inilah yg membuat anime ini sangat menarik, tapi sayang durasi anime ini cuma 15 menit, anime setengah pendek ini sangat tanggung sekali.



anime ini sangat menyenangkan untuk anda saksikan dan juga anime ini memiliki daya tarik tersendiri yg membuat kita penasaran dan gregetan akan ceritanya.. anime ini sangat easygoing dan mempunyai kisah yg membuat orang tua seperti saya berpikir, ahh rasanya pengen balik lagi ke masa2 muda.



anime ini juga banyak menampilkan kejadian2 koplak yg membuat saya ketawa sendiri 😁 dan di antara ke 4 cowo ini natchanlah yg selalu di bully dan di jahili oleh teman2nya yg lain, salah satunya ada yg membuat natchan sampai malu setengah mati karena perbuatan teman2nya yg soksokan menyemangatinya buat ngebantuin kobaya dari serangan 2 orang tak di kenal, malu2in bangetlah sampai yg lainnya cekikikan nahan tawa, sampai esok paginya masih jadi bahan olokann haha😁


keseluruhan nijiro days adalah anime shoujo yg sangattt bagus, perkembangan cerita dan karAkternya juga bagus sekalu, easygoing slice-of-life anime, colorfull, cerita dan karakter yg unik serta kisah romancenya yg membuat penonton gregetan,, saya sangat suka dengan anime ini tidak salah saya memberi skore 9/10 untuk nijiro days,,                        
saya sangat merekomendasikan anime ini bagi anda yg ingin mengisi waktu bersantai anda karena durasinya hanya 15 menit,,

13. Shounen Maid


shounen maid adalah anime shoujo yang cocok bagi anda yang ingin bersantai dan menghilangkan suntuk, 
shounen maid menceritakan tentang bocah SD bernama komiya chihiro, anak enerjik yg kelebihan tenaga, dia hanya tinggal dengan ibunya dengan motto "tak kerja maka tak makan" karena itulah chihiro tumbuh jadi anak rajin dan cekatan serta dapat di andalkan dalam urusan bersih2..  suatu hari ibunya meninggal dan madoka paman sekaligus wali dari chihiro membawanya ke rumahnya yg besar bak istana,  hal ini berujung pada chihiro yg mengurus semua pekerjaan rumah dan pamannya yg jahil itu malah mendandaninya dengan baju maid yg imut..


   shounen maid adalah anime slice of life,comedy yg di lengkapi dengan bumbu2 heartwarming di dalamnya..
anime ini tidak hanya menceritakan tentang anak laki2 dengan seragam maid yg rajin bersih2 di rumah pamannya.. lebih dari itu sepanjang episode kita selalu di perlihatkan adegan flashback antara chihiro dan alm.ibunya,
dia mengingat kembali perkataan ibunya sewaktu dia masih hidup dan itu sangat mengharukan bagi saya, benar2 menghangatkan hati..


    
            lalu perkembangan karakter disini juga di tampilkan dengan sangat baik, chihiro yg selalu terobsesi dengan bersih2 terkadang juga memarahi pamannya karena tidak membersihkan kamarnya, tapi dia juga menghormatinya dan seiring berjalannya waktu chihiro semakin dekat dengan pamannya, di sisi lain pamannya juga merupakan sosok penuh kasih dan perhatian dengan chihiro, dia kebanyakan selalu terpaku dengan pekerjaannya sebagai desainer.




kekuatan anime ini berada pada adegan2 heartwarmingnya, heartwarming disini artinya adegan2 yg menghangatkan hati atau sesuatu yg  membuat kita terharu, salah satunya tadi yaitu adegan flashback antara chihro dan alm.ibunya..

lalu ketika chihiro yg terharu ketika madoka pamannya yg tiba2 datang ke sekolahnya, madoka disini benar2 menunjukan kasih sayangnya kepada chihiro layaknya ayah dan anak begitu pula sebaliknya..
komedi yg di hadirkan di anime ini juga sangat ringan dan menyenangkan rasanya melihat interaksi antar karakternya, terlepas dari bagian mode bersih2 chihiro atau baju maid yg di pakainya benar2 memiliki momen lucu dan menggemaskan,


yap dilihat dari penjelasan saya tadi, lalu jika ini anime shoujo , kenapa tidak ada unsur romancenya?
sudah saya jelaskan di awal bahwa shouju itu mengarah ke prilaku karakter terhadap perasaan/emosi dan hubungan tiap karakternya, hubungan disini tidak selalu mengarah ke sesuatu yg romantis, contohnya yaitu tadi bagaimana hubungan antara chihiro dan pamannya yg menjadi lebih dekat seperti ayah dan anak, lalu sikap yg di ambil chihiro akan perkataan ibunya,
keseluruhan saya memberi nilai 8/10 untuk anime ini karena memiliki cerita yg bagus dan sangat ringan dan menyenangkan untuk di tonton, serta beberapa adegan heartwarming yg sangat menyentuh hati..

14. Natsume Yuujinchou


Anime ini penuh akan makna kehidupan, dengan pembawaan cerita yg ringan. 
sama seperti shounen maid anime ini tidak menjadikan unsur romance menjadi topik utama yg di bahas  di cerita ini, tapi meskipun begitu anime ini memiliki cerita yg terbaik di genrenya,  
untuk ulasan lebih lengkapnya saya sudah membuat full reviewnya di link bawah ini:


15. NANA


Di adaptasi dari manga legendaris berjudul sama, anime ini akan membawa anda ke dunia shoujo dimana anda bisa melupakan kenyataan dan jatuh dalam pelukan drama romantis yg di hadirkan anime ini.

Anime ini berkisah tentang 2 orang gadis dimana mereka memiliki nama yg sama tetapi dengan kepribadian yg berbeda......
untuk ulasan lebih lengkapnya saya sudah membuat full reviewnya di link bawah ini:


16. soredemo sekai utsukushii 


Salah satu anime dengan plot dan karakter yg unik, saya sangat merekomendasikan anime ini bagi anda penggemar anime romance yg bertema kerajaan, anime ini mirip2 seperti akatsuki no youna dan akagami shirayuki..

untuk ulasan lebih lengkapnya saya sudah membuat full reviewnya di link bawah ini:


Ulasan lengkap anime soredemo sekai utsukushii



17. Ouran Koukou Host Club



Merupakan anime shoujo yg paling populer di luar sana karena ceritanya berbeda serta unik karena karakter utama perempuan disini di kelilingi oleh 6 cowok yg pada akhirnya suka sama si cewe (atau istilahnya reverse harem)




Anime ini bercerita tentang fujioka haruhi murid spesial yang diterima di sekolah elit bernama Ouran High School, sekolah yang hanya dimasuki oleh murid kaya dari seluruh dunia. Haruhi di terima di Ouran karena kecerdasannya. Kemudian dia memecahkan as seharga 8 miliar yen dan akhirnya vas itu pecah.


Untuk membayar vas yang di pecahkan, Haruhi bergabung di Host Club, awalnya cuman sebagai Host Club Dog tapi, lama – kelamaan jadi Host sungguhan. Haruhi harus membawa banyak pelanggan untuk melunasi hutangnya.


Kesannya anime ini shoujo banget, anime ini juga di jamin bakal bikin anda ngakak sendiri, khususnya perempuan anda pokonya pasti suka anime ini karena si cewenya yg di kelilingi 6 cowo tamvan.

Di forum MAL anime ini merupakan yg paling populer di genre shoujo dan mendapat total rating 8.36, cukup bagus untuk anime yg mengambil tema reverse harem.


18. Itazura na Kiss


Anime ini bercerita tentang Kotoko yang jatuh cinta pada Irie sejak mereka berdua bertemu pada saat penerimaan siswa baru.

Walaupun begitu, sepertinya mimpi Kotoko untuk menjalani kisah cinta yang romantis dengan Irie tidak mudah untuk menjadi nyata.

Irie adalah anak paling pintar di kelas, sedangkan Kotoko yah ... masuk ke jajaran siswa yang tidak terlalu mencolok.


Karakteristik anime ini sangat umum di antara anime shoujo lainnya, bisa di bilang anime ini shoujo banget.

Anime ini banyak menampilkan konflik2 kesalahpahaman antar karakternya, ini mungkin tidak boleh kamu lewatkan, karena animenya seru dan alur ceritanya panjang, (bahkan sampai diamana heroine menikah dan punya anak).


19. Peach Girls


Bercerita tentang momo adachi, cewe berkulit gelap dan rambutnya agak berwarna terang. dia gak pede sama warna kulitnya dan sering diangep cewe nakal karna warna kulitnya itu.(di jepang cewe kulit gelap di angep cewe yang suka main / nakal).

Yg membuat konflik ini bermula yaitu berawal dari temennya momo, sae-chan yang inocent dan polos namun sebenernya dia licik dan gak mau ngeliat orang lebih bahagia dari dia, dia juga yg membuat momo menderita hampir sepanjang anime ini berjalan, dia bener2 wanita yg paling jahat yg tak segan melakukan apapun demi melihat orang menderita.


Anime ini berisi tentang konflik cinta segitiga yg di alami momo, perjuangan momo yg bertahan dari perlakuan bulying teman2nya dan,

Dari semua anime di daftar ini,... anime ini adalah yang konflik dan penderitaan karakter utama-nya paling lengkap.

ceritanya keren...bener-bener mencerminkan semua keegoisan manusia..


20. fruits basket


Satulagi anime shoujo jadul yg saya rekomendasikan yg rilis tahun 2001, adalah fruit basket dimana Honda Toru, siswi SMU yang hidup sendiri karena orangtuanya sudah meninggal, terpaksa tinggal di tenda karena rumah kakeknya sedang direnovasi. ( ya Kesan awalnya saja sudah membuat saya baper dimana seorang gadis sma hidup di tenda dan bekerja paruh waktu untuk menghidupi diri sendiri, tapi itulah yg saya suka dari karakter utamanya dimana ia tidak mengeluh akan keadaan dan tetap bersikap positif dalam keadaan apapun).

lalu tak lama kemudian dia tinggal di rumah keluarga shouma karena tanah yg di dirikan tenda itu longsor dan disinilah cerita bermula ketika semua anggota keluarga shouma itu mempunyai kutukan diamana mereka akan berubah jadi binatang ketika di peluk.


Cerita anime ini bisa di bilang penuh warna karena unsur shoujo disini sangat kuat di tambah unsur fantasy supernatural yg membuat anime ini agak berbeda dari anime shoujo pada umumnya.

Anime ini terbilang cukup menarik karena banyak sekali pesan kehidupan yang disampaikan pengarang melalui cerita. Banyak juga adegan kocak yang cukup menghibur.

21. Kamisama Hajimemashita


Anime ini sama seperti fruit basket dimana terdapat unsur fantasy supernatural di dalamnya, kamisama hajimemashita bercerita tentang momozono nanami seorang siswi SMA, dimana ia kehilangan rumah karena ayahnya yg terlilit hutang karena judi lalu dia bertemu dengan dewa yg menjaga kuil bernama mikage (nama kuilnya mikage sama seperti nama pemiliknya).

Lalu dewa itu menawarkan dirinya untuk tinggal dirumahnya yang telah ia tinggalkan selama 20 tahun. Ternyata tempat yang ia datangi adalah sebuah kuil seram yang ditinggali oleh hantu rubah dan pria tadi adalah seorang dewa bumi dan ia mendapatkan tanda dari pria itu sebagai penggantinya untuk menjadi dewa bumi.
lalu dimulailah hari-hari dimana Nanami menjalani tugas sebagai dewi bumi.


Pada awalnya anime ini tidak terlalu menonjolkan unsur romance antar hero dan heroinenya, yg ada malah menampilkan cerita2 yg lumayan kocak, tapi semakin sini hubungan tomoe dan nanami semakin berkembang dan menarik, masing2 arcnya juga sangat menarik.

Jadi menurut saya , anime ini cukup worth-it buat ditonton. Sebenarnya saya bingung mau tulis apa karena takut malah jadi spoiler ceritanya hahaha.


22. Skip Beat


Anime ini diangkat dari manga Skip Beat yang mengisahkan tentang Kyoko yang pergi ke Tokyo untuk membantu orang yang disukainya, Fuwa Shou dalam mencapai cita-citanya untuk menjadi seorang penyanyi terkenal.

Kenyataannya, Fuwa Shou hanya memanfaatkannya dan menganggapnya sebagai pembantu. Kyoko bersumpah akan membalas dendam dan dia pun terjun ke dunia hiburan untuk melaksanakan niatnya.

Masuk ke dunia hiburan dengan niat yang salah tidak serta merta memudahkan urusannya.


Dipenuhi Komedi, Romance, Drama, dan sangat menghibur. Merupakan kelebihan dari anime ini.

perjalanan cinta Kyoko tidaklah mulus. Patah hati yang dia rasakan karena perbuatan Shou membuatnya menutup diri terhadap cinta. Sampai ia harus masuk devisi Love Me. Tapi justru perjalanan cinta yang lambat antara Kyoko dan Ren menjadi daya tarik tersendiri. Juga interaksi Kyoko dengan tokoh lainnya di bangun dengan sangat baik,
bagi anda pecinta shoujo maka saya sangat menyarankan anime yg satu ini.


23, Aishiteruze Baby


Aishiteruze Baby bercerita seputar kehidupan seorang cowok SMA bernama Katakura Kippei. Kippei sangat populer di sekolah, dia juga terkenal playboy dan suka merayu banyak cewek disekitarnya, Kehidupan Kippeipun berubah semenjak dia bertugas untuk merawat seorang anak kecil berumur 5 tahun bernama Yuzuyu yang ditinggal pergi oleh Ibunya tanpa alasan yang jelas. Yuzuyu dititipkan di rumah keluarga Kippei dan Kippei diberi mandat  oleh Kakak perempuannya untuk merawat Yuzuyu agar Kippei menjadi sosok yang bertanggung jawab. Dari situlah kehidupan Kippei dalam mengasuh Yuzuyu dimulai. Disamping itu kehidupan asmara Kippei dengan Kokoro juga menarik untuk dibaca

Bagaimanakah kehidupan Yuzuyu bersama Kippei? Apakah mamanya akan menjemputnya suatu saat? Apakah gerangan alasan dibalik perginya mama Yuzuyu? Bagaimana pula dengan Kokoro? Apakah ia memiliki alasan tersendiri selalu bersikap dingin kepada Kippei? Silahkan ditonton….


Latar belakang karakter di anime ini di gambarkan dengan cukup jelas juga kepekaan emosi tiap2 karakternya di jelaskan dengan cukup baik. para reviewer T.H.E.M. Anime Reviews memuji anime ini sebagai "drama shoujo yang menyentuh hati" dan memberikan 5 bintang dari 5 bintang sebagai penilaian :')) Para reviewer juga mengatakan bahwa karakter Yuzuyu adalah karakter yang membuat Anime dan manganya sukses sebagai karakter "seorang anak yang bertingkah layaknya anak kecil diusianya dan tidak bertingkah seperti orang dewasa."

Dari anime ini aku bisa mengerti tentang betapa pentingnya "Arti" dari sebuah Keluarga. Betapa "sangat" kesepiannya saat orang yang kita sayangi tidak berada di sekitar kita. Dari sini kita bisa jauh lebih menghargai keluarga kita melebihi apapun. Keluarga sangat penting. Saat Yuzuyu memutuskan untuk  meninggalkan Kippei dan menetap bersama Ibunya yang sudah meninggalkannya selama hampir setahun itu.

Overall anime ini sangat bagus dan layak untuk anda tonton, ceritanya sangat menyentuh dan ada di salah satu episodenya yang saya benar-benar terharu 

24. Bokura ga Ita (We Were There)



“Kisah cinta antara Motoharu Yano (Toma Ikuta) dan Nanami Takahashi (Yoshitaka Yuriko) dimulai ketika Nanami Takahashi, seorang gadis remaja kelas 1 SMA yang bertemu dengan  Motoharu Yano, siswa yang menjadi pusat perhatian di sekolah alias popular, awalnya tidak menyukai Nanami tapi akhirnya dia sadar kalo dia suka Nanami. Dan begitu pula dengan Nanami. Kisah sedih dan Romantis yang dijamin bakalan menguras air mata ini sangat sangat popular di jepang.”

Kesan awal saya ketika menonton beberapa episode awal adalah yaa saya lihat ini adalah anime yg sangat ringan dengan plot yg sangat klise dan masih seperti cerita tentang gejolak perasaan dan masalah persepsi yang berbeda. Yah aku rasa setelah menginjak episode 10 ke atas , intensitas drama sudah  mulai meningkat, konflik utama sudah di munculkan disini, saya mulai ngrasa greget sama adeknya mantannya yano sama masa lalunya yano. You know well, saya nggak suka jikamasa lalu yang kelam itu diungkit-ungkit. 


Anime ini sukses bikin saya nyesek dan gak bisa lupain nih anime selama seminggu terus-terus teringiang-ngiang kelakuannya si yano, kualitas dramanya sungguh sangat berkualitas, drama nya sangat realistis.masuk diakal semua.jalan cerita halus,diterangkan dalam keadaan tidak ter buru-buru,mulai dari konflik,masa lalu,pertengkaran,perasaan benci,senang,sedih.menangis,perasaan tersakiti.ini menjadi nilai lebih kenapa saya suka banget anime  ini.

Satu2nya kekurangan anime ini adalah kualitas grafis yg tidak mengimbangi kualitas ceritanya, dari semua daftar anime disini mungkin anime inilah yg kualitas grafikya paling buruk, beberapa kali saya lihat latar kerumunan orang yg tidak di perlihatkan wajahnya yaa mungkin karena modal dari anime ini pas2-san tuk membuat anime dengan 2-cour.  Namun secara keseluruhan bukan berarti anime ini jelek dan tak layak untuk anda tonton, pokoknya anda jangan pedulikan soal grafik dan anda dapat menikmati sepenuhnya kualitas cerita anime ini.


25. hotarubi no mori e


Salah satu anime movie romance yang memiliki cerita romance yang sangat mengharukan dan menyentuh hati di jamin akan membuat kamu heartwarming ga karuan, so sweet banget deh pokonya, yaa untuk ulasan lebih lengkapnya anda bisa menuju link di bawah ini.







rekomendasi lainya:
26. orange
27. sabage-bu!
28. special a
29. ghost hunt
30. kareshi kanojo no jijou



Penutup

Itulah daftar anime shoujo terbaik yang mempunyai jalan cerita yang bagus dan menarik untuk anda saksikan, Jika sebagian dari Anda pernah menonton anime bergenre shoujo lain yang judulnya tidak tercantum dalam daftar, jangan sungkan untuk merekomendasikannya lewat kolom komentar. Dengan begitu, Anda bisa memberikan kontribusi terhadap sesama pecinta anime di Indonesia, terutama yang suka sekali dengan anime bertemakan shoujo.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[Rekomendasi] 30+ Anime Shoujo Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel